Memperbaiki Sinyal Foto juga Vokal Pemancar TV

posted on 25 Aug 2015 15:38 by pakarteknonet
Di postingan perdana ini saya mau membahas cara memperbaiki sinyal gambar dan suara yang didapatkan dari modulator rf bekas vcd secara banyak digunakan buat merakit pemancar tv mini. Sebenarnya jika dipergunakan pada maksud dasarnya tidak ada peri tapi jika guna dipancarkan dan diperkuat dayanya, biasanya tampak kekurangan pada tanda-tanda gambar dan titah.

Apakah anda sempat perhatikan Jual Pemancar TV UHF kalau tanggapan yang dipancarkan oleh tx yang menggunakan modulator ini mempunyai volume suara bertambah rendah dari pemancar pemancar lain? & ketika anda jajal menaikan volume modulasi suaranya maka pada gambar akan ada gasris kerut di dalam warna unik.

Ini akan menciptakan orang segan untuk menonton siaran dikau, karena harus saja memainkan volume tanggapan televisinya ketika sasaran mengganti chanel, sebab agc di penerima pun tidak mampu menyamakan volume tanggapan ini.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Yang mana letak kesalahan stasiun anda?

Sebenarnya tiada kesalahan, hanya saja kamu harus mensesuaikan modulasi gambar dan suaranya.

Caranya, buka seng penutup modulator wadah vcdnya. Perhatikan beserta seksama, ada satu buah resistor yang terletak dekat trafo oscilator audio, dekat lilitan L2. Biasanya bernila 560 ohm.

Silahkan anda lepaskan resistor itu, kemudian nyalakan stasiun dan lihat petunjuk gambarnya di televisi.



Perubahan sangat terlihat, gambar menjadi tersendiri lebih bagus namun demikian sayang suaranya menjadi hilang, karena dengan dilepas adalah unit dari modulasi audio. Lalu bagaimana caranya agar gambar mampu bagus dan suara juga bagus?

Tiru resistor tersebut beserta nilai yang ohm-nya lebih besar, peringkat variabelnya antara 560 sampai dengan 2 kiloohm. Silahkan anda cari setelan terbaik pantas kemauan anda. Serta anda akan tahu perubahannya.

Comment

Comment:

Tweet